inilah kebijakan baru whatsapp



Sabtu (15/05/2021) lalu baru saja WhatApp mulai menerapkan kebijakan privasi terbarunya setelah hampir 6 bulan sejak pertama kali diumumkan rencana untuk melakukan kebijakan baru ini. Pengguna dipaksa menerima persyaratan layanan baru ini tidak dapat menutup layar yang meminta menerima persyaratan baru walaupun masih bisa menerima panggilan telepon dan membahas pesan. 

Apa saja kebijakan baru ini

Dilansir oleh The Guardian, bagi pengguna yang memiliki bisnis kecil dapat mengunggah katalognya secara langsung ke dalam aplikasi ini merupakan serangkaian dari fitur baru WhatsApp. Sepertinya fitur baru ini sangat mendukung untuk promosi bisnis kecil karena penguna bisa mengirimkan pesan kepada penjual dan dapat mengirimkan pesan kepada penjual, melakukan penelusuran barang dagangan hingga pada tahap closing atau penyelesaian pembelian dengan satu aplikasi tanpa pengguna meninggalkan aplikasi WhatsApp ini. 

Pertama kali kebijakan baru ini diumumkan pada bulan Oktober 2020, dan kekhawatirannya bahwa WhatsApp akan membagikan data pengguna ke Facebook sehingga hal ini menjadi pemicu banyak pengguna beralih ke aplikasi lain seperti Telegram dan Signal.

Perusahaan WhatsApp telah mengumumkan ini dan bagi pengguna yang menolak menerima persyaratan baru ini maka akan kehilangan akses ke WhatsApp secara penuh. Namun demikian apda waktunya akun akan dinonaktifkan hal ini membuat pengguna yang sudah ketergantungan pada WhatsApp tidak punya pilihan lagi selain menerima kebijakan baru ini atau perusahaan WhatsApp akan menghapus akun sepenuhnya.

Pengumuman WhatsApp

WhatsApp mengirimkan empat pesan yaitu pertama, WhatsApp menjaga dan menjamin privasi pengguna, dan ketiga pesan lainnya yaitu penjelasan dari WhatApp tidak dapat membaca  dan mendengarkan percakapan pribadi yang sudah terenkripsi, tidak dapat melihat lokasi yang dishare atau dibagikan, tidak membagikan kontak dengan facebook. 

Penundaan Kebijakan Baru

Implementasi kebijakan baru ini, WhatsApp telah menunda selama tiga bulan. Pada awalnya perubahan kebijakan baru ini akan dimulai pada 8 Februari 2021, tapi telah dikonfirmasi oleh Perusahaan WhatApp bahwa kebijakan baru ini ditunda hinggal bulan Mei 2021.

Bagaimana Nasib Akun WhatsApp sampai 15 Mei 2021?

Ada himbauan dari WhatsApp bahwa pengguna untuk menerima pembaharuan ini agar selalu menggunakan layanan setelah tanggal tersebut. Namun jika belum ingin melakukan konfirmasi mata dapat menentukan pilihan "nanti" saja. Ada pilihan terima atau nanti. Secara bertahap ini akan dimulai menonaktifkan sejumlah fitur sampai pengguna melakukan konfirmasi. Namun demikian pengguna masih menerima panggilan, membalas pesan, atau menanggapi panggilan tak terjawab untuk beberapa minggu kedepan.

FAQs yang ada pada WhatsApp dapat dilihat disini 

Terdapat 11 (sebelas) fitur yang tidak bisa digunakan jika pengguna tidak setuju terhadap aturan baru


  1. Pengguna tidak dapat mengakses daftar percakapan (chat), tetapi mereka masih dapat melihatnya, serta menjawab panggilan suara dan video yang masuk (melalui notifikasi).
  2. Pengguna perlahan tidak akan menerima panggilan masuk atau notifikasi dari akun WhatsApp lainnya.
  3. Pengguna tidak bisa membuat status WhatsApp di dalam aplikasi.
  4. Pengguna tidak bisa meneruskan (forward) percakapan ke orang lain.
  5. Pengguna tidak bisa membuat daftar broadcast dan grup WhatsApp, namun, mereka masih bisa diundang ke dalam grup.
  6. Pengguna tidak bisa mengutip (reply) dan menyebut (mention) pengguna lainnya di dalam grup. Baca juga: Kebijakan Baru WhatsApp Berlaku Seminggu Lagi, Ini yang Terjadi kalau Menolak
  7. Pengguna tidak bisa mengirimkan pesan suara (voice message), video, stiker, dan media lainnya di dalam aplikasi.
  8. Pengguna tidak bisa mencadangkan (backup) riwayat percakapan WhatsApp, apabila fitur Automatic Backup mati.
  9. Pengguna tidak bisa memanfaatkan fitur Click to Chat melalui situs https://wa.me/xxxxxxxxx.
  10. Pengguna tidak bisa mengekspor (export) riwayat percakapan ke kanal lain.
  11. Pengguna iOS tidak bisa melihat aneka media dan file yang dibagikan melalui WhatsApp, namun pengguna Android masih bisa melihat dokumen tersebut melalui aplikasi File Manager.

3 (tiga) fitur yang akan menggunakan data pengguna WhatApp adalah: 

  1. Layanan Hosting Facebook, layanan ini diperuntukan untuk berikirim pesan dengan bisnis berbeda dari berkirim pesan degnan keluarga atau teman.
  2. Menemukan Bisnis, pengguna dapat melihat layanan iklan dengan tombol untuk mengirim pesan ke bisnis menggunakan WhatsApp.  
  3. Pembayaran di WhatsApp, yang difasilitas oleh interface pembayaran terpadu (Unified Payment Interface).




0 Response to "inilah kebijakan baru whatsapp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel