Pentingnya Plan B dalam Riset

Pentingnya Plan B
-------------------
Riset adalah aktivitas akademik yang memerlukan perencanaan matang. Ibarat membangun jembatan, melaksanakan penelitian jangka panjang (3-5 tahun) membutuhkan tak hanya rencana A, tapi juga rencana, B dan C. Hasil penelitian terkadang tak sesuai dengan yang diharapkan. Maka, dalam segala pengambilan keputusan dan pengumpulan data, planning-planning cadangan perlu mendapatkan perhatian karena tak jarang justru planning cadangan itulah yang menyelamatkan kita. Untuk seorang mahasiswa S-3, bagaimanakah Anda membuat rencana cadangan untuk riset Anda?

Berikut beberapa best practices yang saya lakukan:

1. Pastikan Anda memiliki timeline penelitian yang jelas. Beri waktu-waktu khusus untuk memikirkan side project.

2. Eksplorasi tema yang serumpun, tapi tidak membutuhkan "pivot" yang besar.

3. Ukurlah berbagai variabel saat Anda mengambil data dalam sebuah eksperimen. Jika hasil pengukuran tak sesuai harapan, pastikan masih ada data cadangan yang bisa Anda olah.

4. Banyak-banyak membaca dan berdiskusi dengan peneliti yang tidak sebidang dengan kita. Orang awam terkadang berjasa besar memberikan ide baru untuk penelitian kita.

Selamat mencoba!

By. Dr.Sunu Wibirama

1 Response to "Pentingnya Plan B dalam Riset"

  1. How To Play Baccarat - The Fools
    For งานออนไลน์ instance, the best way is to febcasino use the baccarat rules. Baccarat involves two bets kadangpintar for one to have the lowest winning bet. It's all about winning the

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel