Titik lemah (pitfalls) dalam disertasi doktoral (S3)

Titik lemah (pitfalls) dalam disertasi doktoral (S3)
------------------------
Beberapa kali saya diundang menjadi penguji luar (external examiner) ataupun penguji internal disertasi di bidang teknologi informasi atau ilmu komputer. Hal-hal yang menjadi titik lemah dalam disertasi tersebut selalu sama. Berhubung sudah berulang kali saya menjumpai hal serupa, maka saya mendokumentasikan titik lemah tersebut. Inilah beberapa titik lemah sebuah karya tulis disertasi doktoral:

1. Permasalahan penelitian tidak spesifik, terlalu umum. Research gap dari penelitian sebelumnya tidak valid (tidak diturunkan dari analisis literatur yang mendalam).

2. Kontribusi penelitian tidak disebutkan secara eksplisit. Terlalu banyak literatur yang dibahas, tapi tidak memahami perbedaan literatur yang sudah dipublikasikan dengan penelitian yang dikerjakan.

3.Klaim kebaruan (novelty) tidak didukung oleh data eksperimen.
4.Prosedur penelitian tidak rigid, hanya berdasarkan asumsi, dan tidak bisa diulang oleh peneliti lain (unrepeatable).

5.Bekerja pada data / objek penelitian yang bertema sempit, tapi hasil dan judul penelitian digeneralisir untuk data / objek yang temanya lebih luas.

6. Tidak ada benchmark / perbandingan dari hasil penelitian yang dilakukan. Metode yang diusulkan harus dibandingkan dengan metode yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti lain, sehingga improvement / peningkatan akurasi / penurunan waktu komputasi dapat dilihat dengan objektif.

7. Tidak ada referensi ilmiah / acuan pada variabel-variabel yang sifatnya pre-defined, misalnya threshold atau konstanta sebuah persamaan.

8. Komparasi yang keliru. Membandingkan hasil penelitian yang dilakukan dengan hasil penelitian lain yang ada dalam paper ilmiah, namun demikian data yang digunakan untuk proses pengujian tidak sama (hanya mengambil angka akurasi, tanpa mengimplementasikan metode yang ada dalam paper tersebut pada data yang digunakan untuk pengujian).

9. Tidak menjelaskan variabel-variabel dalam persamaan matematis.

10. Penyebutkan istilah-istilah dalam naskah disertasi dilakukan secara tidak konsisten.

Semoga bermanfaat.

By : Dr.Sunu Wibirama

0 Response to "Titik lemah (pitfalls) dalam disertasi doktoral (S3)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel